9.29.2014

SEJARAH COREL DRAW

CorelDraw X6

Bagi seorang desainer grafis pastinya sudah tidak asing dengan software CorelDraw. Software yang digunakan untuk editor grafik vektor ini adalah buatan dari perusahaan Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985 tepatnya, mendirikan sebuah perusahaan Corel yang bertujuan unutk menjual sistem dekstop publishing berbasis Intel. Pada tahun 1987, perusahaan Corel merekrut para programmer untuk membangun sebuah softaware grafis yang berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket dekstop-publishing, dan itulah untuk pertama kalinya coreldraw dibuat.  

Lembar Kerja Coreldraw X4
Tahun 1989, CorelDraw pun resmi diperkenalkan kepada masyarakat luas. Corel corporation yang mengembangkan program ilustrasi dasar vector ini sejak awal membuat coreldraw memang dikembangkan untuk sistem operasi Windows, sedangkan untuk sistem operasi Mac OS dan Mac OS X harus disayangkan karena minimnya penjualan, sehingga harus dihentikan oleh pihak Corel Corporation. Untuk Linux sendiri tidak dapat berjalan langsung, karena harus memerlukan semacam crossover, tepatnya dengan Wine sama seperti saat installasi Photoshop pada Linux.

Sampai saat ini software CorelDraw telah mempunyai berbagai macam versi, dan yang terbaru adalah CorelDraw versi X6 dan CorelDraw X7 sebentar lagi juga akan hadir.